Shopify SEO dapat membantu website Anda muncul pada hasil pencarian yang tepat dan meningkatkan lalu lintas pengunjung serta penjualan untuk bisnis Anda.
Apa itu Shopify SEO? Shopify SEO adalah proses optimasi website Shopify agar muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian, sehingga meningkatkan lalu lintas dan prospek. Strategi ini mencakup berbagai strategi untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, sehingga dapat menghasilkan prospek yang lebih relevan ke website Anda.
Manfaat signifikan dari melakukan SEO untuk Shopify
Berikutnya dalam panduan Shopify SEO ini, mari kita bahas manfaat dari menginvestasikan SEO pada website Shopify Anda. Anda mungkin merasa ragu mengapa ini adalah investasi yang layak untuk bisnis Anda. Berikut adalah tiga manfaat signifikan dari melakukan SEO untuk Shopify:
1. Shopify SEO sangat penting untuk membantu toko Shopify Anda
Salah satu alasan terbesar untuk melakukan SEO pada website Shopify Anda adalah karena dapat membantu website muncul pada hasil pencarian yang relevan. Ketika seseorang ingin menemukan produk atau layanan Anda, mereka akan menggunakan mesin pencari untuk membantu mereka menemukan perusahaan yang tepat.
Lebih dari 80% pembeli melakukan riset produk secara online, banyak dari mereka yang menggunakan mesin pencari untuk memulainya. Jika website Anda tidak dioptimalkan untuk pencarian yang relevan, orang akan menemukan website pesaing Anda sebelum menemukan website Anda. Hal ini dapat menyebabkan Anda kehilangan pengunjung yang relevan untuk bisnis Anda.
2. Membantu meningkatkan pengunjung ke website bisnis Anda
Melakukan Shopify SEO dapat membantu meningkatkan lalu lintas pengunjung ke website bisnis Anda. Dengan melakukan optimasi SEO pada kata kunci yang relevan, Anda sudah membantu bisnis Anda muncul pada hasil pencarian terkait.
Karena orang-orang yang mencari kata kunci tersebut memiliki minat pada produk atau layanan yang Anda tawarkan, mereka akan mengunjungi website Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengarahkan orang-orang yang benar-benar tertarik pada produk atau layanan Anda, dan meningkatkan peluang Anda untuk mengubah mereka menjadi prospek yang lebih relevan dan meningkatkan penjualan.
Meningkatkan lalu lintas yang relevan ini juga dapat membantu meningkatkan otoritas dan kredibilitas website Anda, yang pada gilirannya dapat membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencari.
Baca juga : SEO WordPress: Cara meningkatkan Ranking Website WordPress Anda!
3. Strategi SEO yang efektif dapat membantu Anda menangkap prospek yang relevan
Tahukah Anda bahwa lebih dari 40% dari total pendapatan berasal dari lalu lintas organik? Strategi SEO yang efektif dapat membantu Anda menangkap prospek yang relevan yang berpotensi menjadi pelanggan yang loyal.
Ketika seseorang menemukan website Anda pada hasil pencarian dan tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, mereka akan terus berinteraksi dengan bisnis Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ketika mereka siap untuk melakukan pembelian, mereka pada akhirnya akan memilih bisnis Anda sebagai pilihan mereka.
Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan penjualan dan pendapatan untuk bisnis Anda. Dengan melakukan SEO pada toko Shopify Anda, Anda dapat memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan peluang untuk memperoleh lebih banyak pelanggan potensial yang akan meningkatkan penjualan dan pendapatan Anda.
Cara melakukan SEO pada toko Shopify
Siap untuk membahas tips SEO untuk toko Shopify Anda? Berikut beberapa di antaranya yang akan kita bahas:
1. Integrasikan aplikasi SEO ke dalam website Shopify Anda
Salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan SEO toko Shopify adalah dengan mengintegrasikan aplikasi SEO ke dalam website Anda. Aplikasi SEO membantu Anda melakukan fungsi dasar SEO sehingga Anda dapat membantu website Anda muncul di hasil pencarian.
Anda dapat menggunakan aplikasi SEO seperti:
SEO Optimizer: Aplikasi ini membantu Anda mengoptimalkan gambar dan mengubah tag situs web.
Plug In SEO: Aplikasi ini membantu Anda menemukan cara untuk meningkatkan skor SEO toko Shopify Anda dan meningkatkan peringkat bisnis Anda.
SEO Manager: Aplikasi ini membantu Anda mengelola broken link, mendapatkan saran kata kunci, dan mendapatkan wawasan analitik untuk website Shopify Anda.
Anda dapat menjelajahi Shopify App Store untuk menemukan aplikasi yang tepat untuk kebutuhan SEO website Anda.
Baca juga : Tips SEO: Panduan Teknik SEO yang bisa Anda Pelajari di 2023
2. Mengoptimalkan Website Shopify Anda dengan Kata Kunci Relevan
Salah satu komponen penting dari panduan SEO Shopify ini adalah kata kunci. Kata kunci adalah apa yang pengguna cari untuk menemukan website Anda dalam hasil pencarian. Jika Anda tidak mengoptimalkan website Anda dengan kata kunci yang relevan, Anda akan kehilangan pengunjung berharga untuk bisnis Anda.
Untuk memastikan website Anda muncul dalam hasil pencarian yang relevan, Anda perlu melakukan riset kata kunci. Melakukan riset kata kunci dengan menggunakan alat seperti ahrefs keyword generator akan membantu Anda mengidentifikasi kata kunci yang sesuai untuk diintegrasikan ke dalam website Anda.
3. Tingkatkan kecepatan Website Anda
Tahukah Anda bahwa website yang lambat dapat membuat bisnis kehilangan pengunjung yang dapat terkonversi? Pengunjung tidak ingin menunggu terlalu lama untuk mendapatkan informasi, melihat produk Anda, atau mendapatkan informasi kontak. Website yang cepat memuat halaman adalah kunci untuk menjaga pengunjung tetap melihat produk maupun layanan Anda.
Itulah mengapa tip selanjutnya yang akan kami bahas dalam daftar tips SEO Shopify ini adalah cara meningkatkan kecepatan website Anda. Meningkatkan kecepatan website dapat membantu menjaga pelanggan tetap terlibat dengan bisnis Anda, sehingga mereka membeli produk Anda atau menggunakan layanan Anda.
Tugas ini agak-agak rumit karena Anda menggunakan server dan template dari Shopify. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kecepatan halaman Shopify Anda:
1. Hapus aplikasi Shopify yang tidak Anda gunakan
Saat membangun website di Shopify, Anda menambahkan banyak aplikasi yang Anda butuhkan untuk website Anda. Telusuri aplikasi tersebut dan hapus yang tidak Anda butuhkan.
2. Gunakan font web-safe
Meskipun font yang lucu dan berwarna-warni dapat memberi Anda sentuhan artistik, tetapi juga memperlambat website Anda. Gunakan font web-safe untuk memastikan website Anda mempunyai kecepatan yang baik.
3. Kompres gambar di website Anda
File gambar yang berat dapat memperlambat website. Gunakan kompresi gambar seperti kraken.io untuk mempercepat waktu muat gambar Anda. Saat Anda meningkatkan website Anda, Anda memberikan pengalaman yang lebih baik untuk audiens Anda. Akibatnya, mereka tetap melihat produk di website Shopify Anda, yang membantu Anda mendapatkan lebih banyak prospek dan penjualan.
4. Tambahkan Tautan Internal di Website Anda
Saat melakukan SEO untuk Shopify, Anda dapat menambahkan tautan internal di website Anda. Tautan internal adalah tautan yang mengarah ke halaman lain di website Anda sendiri.
Internal linking adalah komponen penting dari SEO Shopify karena membantu Google menemukan halaman di website Anda. Hal ini memungkinkan Google untuk menjelajahi dan mengindeks halaman di website Anda sehingga termasuk dalam hasil pencarian yang relevan.
Cari halaman yang relevan di dalam website Shopify Anda pada saat membuat konten. Jangan memaksa tautan internal untuk mencoba memperoleh peringkat halaman. Anda dapat memilih teks anchor yang terlihat alami dari halaman yang ditautkan.
5. Hindari Konten Duplikat di website Shopify Anda
Konten duplikat berbahaya bagi website Shopify Anda karena menciptakan kebingungan dengan mesin pencari. Jika Anda memiliki dua halaman dengan konten yang hampir identik, Google tidak akan tahu mana yang harus diperingkat dalam hasil pencarian.
Akibatnya, Anda akan kesulitan mendapatkan peringkat teratas untuk kata kunci pada halaman tersebut karena Anda bersaing dengan diri sendiri.
Untungnya, ada solusi mudah untuk menghapus konten duplikat. Dengan memasukkan tag kanonikal, Anda dapat menunjukkan kepada Google halaman mana yang lebih utama. Dengan begitu, semua lalu lintas dan tautan ke konten Anda akan menuju ke satu halaman itu, membantu halaman tersebut meraih peringkat lebih baik dalam pencarian.
Menambahkan tag kanonikal akan membantu website Anda mendapatkan peringkat pada halaman yang tepat dalam hasil pencarian.
6. Optimasi judul tag dan meta deskripsi
Optimasi judul tag dan deskripsi meta adalah langkah penting dalam panduan Shopify SEO. Kedua elemen ini muncul dalam hasil pencarian ketika seseorang mencari kata kunci yang relevan.
Judul tag dan deskripsi meta Anda sangat penting untuk menghasilkan lalu lintas ke bisnis Anda. Jika tag ini tidak menarik minat audiens Anda untuk mengklik penawaran Anda, Anda akan kehilangan pelanggan ke pesaing Anda.
Ketika Anda membuat judul tag, ikuti praktik terbaik ini:
- Tetaplah dalam batas 60 karakter
- Gunakan kata kunci inti Anda di bagian depan tag untuk menunjukkan relevansi
- Buat judul tag Anda menarik sehingga pengguna ingin mengkliknya
Sedangkan untuk deskripsi meta Anda, Anda harus mengikuti praktik terbaik ini:
- Tetaplah dalam batas 155 karakter
- Gabungkan kata kunci inti Anda dalam deskripsi
- Berikan audiens Anda gambaran tentang apa yang diharapkan di halaman Anda.
7. Mengoptimalkan URL
URL berperan penting dalam membantu pengguna dan bot pencari memahami posisi mereka di dalam website Anda.
Jika Anda memiliki URL seperti “www.tokobaju.com/rdaja-ttt/39595”, pengguna atau mesin pencari tidak akan tahu di mana mereka berada di dalam website Anda.
Sebaliknya, URL seperti “www.tokobaju.com/baju-sekolah/baju-pramuka-smp” lebih baik. URL ini memberikan path yang jelas ke lokasi di dalam website. Selain itu, URL tersebut menggunakan kata kunci seperti “baju pramuka smp” untuk membantu Google melihat relevansi website Anda.
Dengan membuat URL khusus untuk setiap halaman, ini akan membantu mesin pencari dan pengguna mengidentifikasi lokasi mereka di dalam website Anda.
8. Mengoptimalkan Struktur website
Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat struktur navigasi yang terorganisir. Navigasi Anda harus memiliki judul yang luas dengan sub-judul yang diatur di bawah setiap kategori. Buatlah mudah bagi audiens Anda untuk menemukan apa yang mereka butuhkan dengan cepat, sehingga mereka terus menjelajahi website Anda.
Selain itu, pastikan Anda menyertakan halaman-halaman penting seperti halaman tentang kami dan halaman hubungi kami, sehingga orang dapat mengenal bisnis Anda dan menghubungi Anda jika mereka memerlukan informasi lebih lanjut. Anda juga perlu menambahkan kotak pencarian pada website Anda sehingga orang dapat mencari apa yang mereka butuhkan di website Anda.
0 Comments