Kapanpun dan dimanapun Anda membangun website, investasi SEO sangat diperlukan untuk membantu website Anda muncul dalam hasil pencarian yang relevan. Jika website Anda dibangun menggunakan WordPress, SEO WordPress menjadi kunci penting untuk membantu menarik pengunjung yang berkualitas untuk menemukan website bisnis Anda, mempelajari tentang bisnis Anda, dan menjadi pelanggan.
Pada halaman ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang SEO WordPress, termasuk:
Apa itu SEO di WordPress?
Mengapa SEO di WordPress penting
Tips sukses SEO di WordPress
Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang mengoptimalkan SEO di WordPress dan cara memulainya!
Apa itu SEO WordPress?
SEO WordPress adalah proses mengoptimalkan website Anda agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. Dalam mengoptimasi SEO WordPress, Anda fokus pada penggunaan plugin SEO terbaik yang tepat dan mengikuti beberapa praktik terbaik lainnya untuk meningkatkan visibilitas website Anda di hasil pencarian sehingga dapat menarik pengunjung yang relevan ke website Anda melalui mesin pencari.
Mengapa SEO di WordPress penting? Sebelum kita membahas tips SEO WordPress, penting untuk memahami mengapa SEO penting untuk website Anda.
Berikut adalah tiga alasan utama mengapa Anda perlu berinvestasi dalam SEO WordPress:
1. Pengguna akan kesulitan menemukan website Anda tanpa SEO
Jangan remehkan pentingnya praktik terbaik optimasi SEO di WordPress. Tanpa mengikuti praktik ini, mesin pencari akan kesulitan menemukan halaman website Anda untuk diindeks. Jika halaman Anda tidak diindeks, maka peluang orang menemukan website Anda melalui hasil pencarian semakin kecil. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa website Anda dioptimalkan dengan baik agar mudah ditemukan oleh mesin pencari dan calon pelanggan.
2. Meningkatkan visibilitas website Anda
Meningkatkan visibilitas website Anda melalui optimasi SEO di WordPress bisa menjadi kunci sukses dalam memperluas jangkauan bisnis Anda. Namun, perlu diingat bahwa SEO bukanlah sekadar strategi sekali dan selesai. Dalam mengoptimalkan website Anda, Anda perlu melakukan optimasi secara berkelanjutan agar semakin banyak orang yang menemukan bisnis Anda melalui hasil pencarian. Dengan cara ini, Anda bisa memastikan bahwa bisnis Anda mendapatkan kunjungan yang relevan dan berkualitas tinggi.
3. Meningkatkan lalu lintas berkualitas
Mengoptimalkan SEO di WordPress menjadi kunci penting dalam meningkatkan kunjungan ke website Anda. Dengan melakukan optimasi untuk kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, Anda bisa menarik pengunjung yang sedang mencari informasi yang terkait dengan bisnis Anda. Hasilnya, pengunjung yang akan mengunjungi website Anda adalah pengunjung berkualitas tinggi, yang memiliki ketertarikan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Dengan begitu, peluang untuk mengonversi pengunjung menjadi pelanggan akan semakin besar. Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan kualitas traffic yang datang ke website Anda dengan mengoptimalkan SEO di website WordPress Anda agar bisnis Anda semakin dikenal dan mendapatkan pengunjung yang relevan.
Tips sukses SEO di WordPress
Bagaimana meningkatkan SEO di WordPress Siap meningkatkan optimasi mesin pencari WordPress? Berikut adalah lima tips SEO di WordPress untuk membantu website Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian:
1. Temukan plugin SEO WordPress yang tepat
Komponen kunci dari SEO WordPress adalah menemukan plugin yang tepat. WordPress menggunakan plugin terbaik untuk membantu website bisnis menambahkan fitur yang dibutuhkan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi audiens. Jika Anda ingin website WordPress Anda muncul di hasil pencarian, Anda harus menemukan plugin SEO WordPress yang tepat untuk bisnis Anda.
Salah satu plugin SEO WordPress yang paling populer adalah Yoast SEO. Plugin SEO ini menawarkan banyak fitur terbaik untuk membantu Anda menempatkan website Anda di hasil pencarian. Pasang Yoast SEO di situs WordPress Anda dan Anda akan memiliki akses ke:
Readability analysis
Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat seberapa mudah orang dapat membaca dan memahami konten Anda. Konten yang mudah dibaca dapat membuat orang terlibat dan meningkatkan waktu tinggal di website Anda, yang pada akhirnya dapat meningkatkan peringkat Anda.
SEO analysis
Yoast SEO akan menganalisis konten Anda untuk memastikan bahwa itu SEO Friendly dan berfokus pada kata kunci yang relevan dengan website Anda.
SEO listing preview
Yoast SEO memungkinkan Anda melihat bagaimana optimasi Anda terlihat pada perangkat seluler dan desktop. Fitur ini membantu Anda melihat bagaimana optimasi SEO pada halaman website Anda terlihat pada perangkat yang berbeda sehingga Anda dapat menyesuaikan dan meningkatkannya untuk mendatangkan pengunjung.
OpenGraph Tag
Plugin Yoast SEO juga menawarkan dukungan untuk tag meta open graph, yang membuat persiapan dan pratinjau konten Anda untuk media sosial dengan lebih cepat dan lebih mudah.
Sitemap XML
Peta situs XML mencantumkan semua halaman penting di website Anda, sehingga Google tahu di mana harus mencarinya. Yoast SEO dapat membantu Anda membuat peta situs ini untuk website Anda.
Tidak hanya itu, masih banyak fitur lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan plugin Yoast SEO. Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan Yoast SEO, ada puluhan alternatif yang tersedia untuk bisnis Anda, seperti All in One SEO, Rank Math SEO, dan The SEO Framework.
2. Mengidentifikasi Kata Kunci Relevan untuk Halaman Anda
Kata kunci memiliki peran krusial dalam Search Engine Optimization (SEO). Kata kunci membantu halaman Anda muncul dalam hasil pencarian yang relevan, sehingga Anda dapat menjangkau orang-orang yang paling tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Jika Anda ingin sukses dalam melakukan SEO WordPress, maka Anda perlu melakukan penelitian kata kunci.
Memanfaatkan alat untuk riset kata kunci dapat membantu Anda mengidentifikasi istilah-istilah yang relevan untuk dimasukkan ke dalam website Anda. Anda dapat menggunakan alat seperti ahrefs keyword generator untuk membantu Anda menghasilkan kata kunci yang relevan dengan halaman website Anda.
Penting bagi Anda untuk fokus pada kata kunci long-tail yang terdiri dari tiga kata atau lebih dalam upaya mengoptimalkan website Anda. Kata kunci long-tail ini lebih spesifik sehingga Anda tahu bahwa orang-orang yang mencari kata kunci tersebut sedang mencari apa yang Anda tawarkan. Dengan demikian, Anda akan dapat menjangkau traffic yang paling berkualitas dan meningkatkan peluang konversi pengunjung menjadi pelanggan.
Setelah Anda mengidentifikasi kata kunci yang relevan, langkah selanjutnya adalah mengintegrasikannya ke dalam halaman WordPress Anda. Anda dapat menempatkan kata kunci pada berbagai elemen halaman, seperti body text, tag judul, deskripsi meta, heading, dan lainnya. Dengan penempatan yang tepat, kata kunci akan membantu meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari dan membuatnya lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.
Sekali lagi, Anda dapat menempatkan kata kunci pada:
- Teks body
- Tag judul
- Deskripsi meta
- Heading
- Dan lain-lain.
3. Mengoptimalkan tag judul dan deskripsi meta
Dalam upaya meningkatkan kinerja SEO WordPress Anda, salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah mengoptimalkan tag judul dan deskripsi meta. Dua hal ini menjadi penentu relevansi dan daya tarik listing Anda di hasil pencarian.
Mesin pencari dan pengguna akan melihat tag judul untuk mengetahui apakah konten yang ditawarkan relevan dengan kebutuhan mereka. Meskipun deskripsi meta tidak mempengaruhi peringkat SEO secara langsung, pengguna tetap memperhatikannya untuk mengetahui apa yang akan mereka temukan pada halaman Anda.
Oleh karena itu, kedua komponen ini mempengaruhi tingkat klik (CTR) dan berpotensi mempengaruhi peringkat pencarian Anda.
Untuk membuat tag judul dan deskripsi meta yang efektif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:
- Batasi jumlah karakter di bawah 60 untuk tag judul dan 155 untuk deskripsi meta.
- Gunakan kata kunci target Anda di bagian depan tag judul dan dalam deskripsi meta untuk membantu mesin pencari dan pengguna memahami konten Anda.
- Buat tag judul yang menarik dan menggugah minat agar lebih mudah dikenali oleh pengguna.
- Gunakan deskripsi meta untuk memberikan gambaran tentang apa yang akan pengguna temukan di halaman Anda.
Dengan mengoptimalkan tag judul dan deskripsi meta ini, Anda dapat meningkatkan CTR dan potensi peringkat pencarian Anda.
4. Membuat URL yang Ramah SEO pada WordPress
Dalam upaya meningkatkan SEO WordPress Anda, penting untuk memperhatikan pembuatan URL yang ramah SEO. URL yang Anda buat akan membantu mesin pencari seperti Google untuk menentukan relevansi situs web Anda.
Ketika membuat URL pada WordPress, pastikan URL yang Anda buat sesuai dengan setiap halaman. Sebagai contoh, hindari URL seperti ini:
www.tokokue.com/category/56g-5211/link25665
Lebih baik gunakan URL seperti ini:
www.tokokue.com/resep-kue/bolu-cokelat
URL yang disesuaikan ini memberikan gambaran tentang struktur situs web Anda dan membantu mesin pencari mengidentifikasi konteks halaman Anda. Selain itu, URL yang disesuaikan ini mengikuti praktik terbaik SEO.
URL yang tidak disesuaikan hanya berisi angka dan huruf yang tidak bermakna bagi mesin pencari. Sebaliknya, URL yang disesuaikan akan memberikan informasi yang lebih spesifik tentang halaman, seperti contoh di atas yang memberikan informasi tentang resep kue bolu cokelat.
Dengan memiliki URL yang disesuaikan, mesin pencari dan pengguna dapat dengan mudah memahami konteks halaman Anda, sehingga membantu Anda untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung ke situs web Anda dan meningkatkan peringkat SEO.
5. Membuat Konten
Tips berikutnya dari SEO WordPress adalah membuat konten. Pemasaran konten dan SEO saling berkaitan — tanpa konten, Anda tidak memiliki apa-apa yang dapat diperingkatkan dalam pencarian, dan SEO membantu konten itu dapat diperingkatkan. Menggunakan keduanya bersama-sama memungkinkan Anda untuk membuat kombinasi maut dari marketing bisnis Anda.
Membuat konten melibatkan berbagi pengetahuan dengan prospek untuk membangun diri website Anda sebagai otoritas di industri Anda. Bentuk konten yang paling umum adalah blog, tetapi Anda juga dapat membuat video, panduan, dan lain sebagainya.
Saat Anda membuat konten, fokus pada topik yang terkait dengan industri Anda. Membuat konten yang relevan dengan industri Anda akan membantu Anda mengarahkan traffic yang berkualitas ke website Anda yang dapat Anda ubah menjadi prospek bisnis.
Ketika Anda membuat konten, fokus pada niat pencarian untuk topik yang dipilih. Anda dapat menentukan niat pencarian dengan melihat konten yang sudah terindeks untuk kata kunci Anda. Hal Ini dapat membantu Anda membentuk konten Anda menjadi sesuatu yang diinginkan audiens untuk dibaca.
Dengan membuat konten, Anda dapat mengarahkan lebih banyak pengunjung ke website Anda, yang membantu Anda meningkatkan SEO pada WordPress.
Butuh bantuan untuk meningkatkan SEO WordPress Anda?
Jika Anda ingin website Anda muncul dalam pencarian yang relevan, Anda harus meningkatkan SEO WordPress Anda saat ini juga! Namun, meningkatkan SEO WordPress bisa terasa seperti tugas yang melelahkan. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk meningkatkan SEO WordPress Anda, Jasa SEO Archon dapat membantu.
Kami memiliki pengalaman dalam meluncurkan kampanye SEO yang sukses untuk klien kami. Tim ahli kami tahu cara meluncurkan kampanye SEO yang sukses untuk klien kami.
0 Comments